Jakarta – Merek mobil premium dari BYD, Denza siap meramaikan pasar otomotif Indonesia. Pada Rabu, 22 Januari 2025, Denza D9 model pertama yang akan diluncurkan di Tanah Air.
Peluncuran ini dikonfirmasi melalui undangan resmi dari BYD Indonesia kepada sejumlah media.
Kehadiran Denza di Indonesia merupakan bagian dari komitmen perusahaan yang akan membawa Denza pada akhir tahun lalu.
“Kami ingin memenuhi ekspektasi pelanggan lokal dengan membawa Denza ke Indonesia,” ujar Liu Xueliang, General Manager BYD Asia Pacific Auto Sales Division, di kantor pusat BYD di Shenzhen, China.
Denza adalah hasil kolaborasi antara BYD dan Daimler AG sejak 2010. Brand ini berfokus pada kendaraan listrik premium dengan pasar utama di China dan Hong Kong, serta kini mulai ekspansi ke Asia Tenggara. Model-model unggulan Denza termasuk D9, N7, dan Z9.
Meski belum ada konfirmasi resmi model mana yang akan dirilis, besar kemungkinan Denza D9 menjadi pilihan.
Mobil ini sebelumnya telah diperkenalkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 dalam varian plug-in hybrid (PHEV) untuk mengukur minat pasar.
Denza D9 hadir dengan desain elegan yang mirip dengan Toyota Alphard atau Vellfire, namun membawa teknologi terkini.
MPV ini menggunakan platform e-platform BYD dengan baterai Blade berkapasitas 103,36 kWh. Tenaga listriknya mencapai 308,7 hp dengan torsi 360 Nm.
Di China, Denza D9 dijual dengan harga mulai dari 379 ribu Yuan (sekitar Rp831 juta) untuk versi listrik penuh, sementara varian PHEV dibanderol Rp744 jutaan.
Dengan peluncurannya, Denza siap bersaing di pasar MPV premium Indonesia dan memberikan warna baru di industri otomotif domestik.
Comment